Mengenal Jenis Hardisk Dan Kapasitasnya

0

Advertisement

Hardisk pertama yang berhasil di ciptakan oleh Reynold Johnson pada tahun 1956. Jenis hardisk dan kapasitasnya pada masa itu hardisk generasi pertama mempunyai bentuk dengan ukuran 2 kaki atau sekitar (0,6 m).

Kemudian memiliki 50 piringan, serta mempunyai kecepatan putaran 1.200 rpm (rotation per minute), serta kapasitas penyimpanannya masih sangat terbatas yaitu hanya memiliki kapasitas sebesar 4,4MB.

Hardisk merupakan sebuah komponen perangkat keras yang terdapat pada computer atau laptop yang berfungsi sebagai media penyimpanan data dan komponen utamanya terdiri dari piringan magnetis.

Fungsi utama dari sebuah hardisk pada perangkat komputer ataupun laptop dapat dikatakan sangat penting.

Kita ketahui hardisk membantu kita dalam hal penyimpanan data baik berupa sistem operasi, kumpulan software-software pendukung penunjang pekerjaan, bahkan sebagai media untuk saling berbagai file yang sangat penting.

Sampai pembahasan ini pasti sudah bisa di tebak dong jika peranan hardisk pada komputer atau laptop di lepas? Sudah pasti computer atau laptop kita tidak akan bisa digunakan salah satunya dalam proses booting sistem operasi baik windows atau linux.

Melihat perkembangan teknologi terbaru masa kini seperti penerapan teknologi kecerdasan buatan mempengaruhi pula perkembangan hardisk dari masa ke masa selalu mengalami perubahan.

Sehingga jenis hardisk dan kapasitasnya pada saat ini cenderung memiliki ukuran yang sangat kecil namun kapasitas penyimpanan datanya sangat besar.

Namun jenis hardisk dan kapasitasnya yang paling banyak digunkan pada tahun 2020 yang paling banyak beredar di pasaran saat berjenis SATA dengan kapasitas penyimanan standar sebuah computer atau laptop adalah 500GB Sampai dengan 2 TB.

Mengenal jenis hardisk internal laptop dan komputer

1. Hardisk ATA/AIDE

Yang pertama kita bahas adalah jenis Hardisk ATA (Advanced Technology Attachment ) dan AIDE (Enhanced IntegratedDrive Electronic) merupakan standar baku pertama yang menggunakan berupa antarmuka berbasis koneksi bus.

Jenis Hardisk ATA Dan SATA
Jenis Hardisk ATA Dan SATA (Sumber: google images)

Untuk jenis hardisk seperti ini dibuat agar jenis hardisk ini dapat bekerja memakai bus PCI. Sedikit informasi saja jika bus PCI ini paling banyak digunakan pada perangkat PC (Personal Computer). Untuk kapasitas hardisk ATA sendiri yang paling banyak digunkan antar 300 GB sampai dengan 2 TB

Salah satu kelebihan jika memakai hardisk jenis ini adalah dari segi harga yang lumayan murah. Namun yang perlu menjadi perhatian sekaligus kekurangan jenis Hardisk ATA ini memerlukan setidaknya dua kontroler pendukung atau lebih untuk dapat meningkatkan performanya.

2. Hardisk SCSI

Kita ketahu banya sekali produsen hardisk bersaing untuk membuat produk mereka kompatibel dengan jenis koneksi bus PCI standart. Akan tetapi jenis hardisk SCSI juga mempunyai beberapa kelebihan yang tidak dimiliki jenis hardisk ATA/AIDE.

Advertisement

Memang, jenis hardisk ini dikenal mempunyai harga yang relative lebih mahal, namun jenis hardisk SCSI memberikan pengalaman performa yang lebih baik dibandingkan dengan jenis hardisk ATA.

Beberapa kelebihan hardisk ini mampu menjalankan beberapa disk drive yang aktif secara bersamaan sekaligus.

Hal itu kemngkinan bisa terjadi karena setiap disk akan bekerja secara aktif jika drive tersebut mau digunakan untuk urusan transfer data.

Sebagai contohnya yaitu pemanfaatan cara kerja jenis hardisk ini adalah ketika adanya permintaan / request sekaligus untuk beberapa file kecil yang terdapat pada sebuah komputer server.

3. Hardisk RAID

Untuk jenis hardisk jenis RAID dikenal mempunyai performa dan tenaga yang cukup mumpuni dan handal dalam hal menyimpan berbagai file dengan ukuran besar. RAID Disk ini dapat berfungsi dengan baik bahkan jika komputer dipaksa untuk berjalan pada performa tinggi.

jenis hardisk raid
jenis hardisk raid (Sumber: https://itclubpanca.blogspot.com/)

Akan tetapi belakangan ini, untuk harga dari jenis hardisk RAID ini mengalami penurunan beberapa tahun belakangan. Bisa menjadi hal yang sangat menarik jika jenis hardisk RAID ini diaplikasi untuk penyimpanan data pada personal komputer harian.

4. Hardisk SATA

Untuk jenis Hardisk SATA (Serial Advanced Technology Attachment) adalah versi upgrade interface terbaru dari jenis Hardisk ATA. Dapat dilihat salah satu kelebihan jenis disk ini adalah hanya memakai dua pertiga bagian ukuran dari hardisk ATA.

Selain itu, hardisk ini juga mempunyai kecepatan baca yang sangat tinggi karena ia mempunyai kemampuan untuk mampu mengurangi latensi atau delay pada proses bacanya dan tulisnya.

Dalam melakukan proses transfer data, disk jenis ini akan terlebih dahulu mengurutkan data secara paralel tanpa merubah tipe konektor antara master atau slave, sehingga untuk kabel data SATA hanya dapat digunakan untuk satu hardisk saja.

Kebanyak disk jenis ini dijadikan sebagai hardiski nternal baik pada computer ataupun laptop. Artinya disk jenis ini tertana di dalam CPU.

5. Hardisk SSD

Pada umumnya hardisk konvensional baik itu ATA maupun SATA masih menggunakan beberapa komponen mekanikal di dalamnya, salah satunya masih menggunakan piringan magnetis. Namun, berbeda pada jenis hardisk SSD sudah menggunakan berupa chip memori komputer atau USB Drive.

Jenis Hardisk SSD
Jenis Hardisk SSD (Sumber: http://kissfmmedan.com/)

Jadi mekanikal hardisk jenis ini sudah tidak memakai komponen piringan magnetis lagi dalamnya. Dan tentunya, disk jenis ini mempunyai akses transfer yang super cepat dan tentu harganya juga lebih mahal dari pada disk jenis lainnya.

Nah, itulah Mengenal Jenis Hardisk Dan Kapasitasnya. Atau ada yang memiliki referensi mengenai hardisk dan ingin menambahkan atau sekedar mengkoreksi artikel ini, tinggalkan pada komentar di bawah ya!

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.

eighteen − five =