Penerapan Teknologi Kecerdasan Buatan Dalam Film Terminator Genisys

0

Advertisement

Sebelum kita membahas lebih lanjut ada baiknya kita mengetaui dulu apa itu yang dimaksud artificial intelligence atau kecerdasan buatan ? Secara singkatnya, dapat di analogikan sebagai simulasi kecerdasan manusia yang di terapkan pada sebuah mesin yang sebelumnya telah diprogram untuk memiliki kemampuan berpikir seperti layaknya manusia serta mampu meniru tindakannya.

Istilah ini pun dapat diberikan pada jenis mesin apa pun yang mampu menunjukkan sifat-sifat yang terkait layaknya pikiran manusia. Salah satu penerapan kecerdasan buatan pada mesin adalah:

Pembelajaran sehingga sebuah mesin mampu mendapatkan informasi dan aturan sehingga mampu menggunakan informasi yang didapatkan.

Baca Juga: 15 Kelebihan Teknologi Ramah Lingkungan Bio Energi

Penalaran mesin mampu menggunakan aturan untuk mencapai perkiraan serta memberikan kesimpulan yang pasti serta mampu mengoreksi dirinya sendiri tanpa perlu menunggu printah dari manusia sebagai USER.

Penerapan Teknologi Kecerdasan Buatan Pada Cyborg

Siapa yang tidak mengenal film Terminator? Film fiksi ilmiah dan ber genre action tersebut menjadi sebuah franchise film yang menarik untuk di tonton.

Advertisement

Kehadiran actor Arnold Schwarzenegger sebagai robot dari masa depan atau bisa di sebut cyborg menjadi salah satu tokoh ikonik yang patut dikenang sepanjang masa.

Film Terminator sendiri hingga saat ini sudah merilis 6 squel dan 1 serial TV dengan urutan rilis sebagai berikut, The Terminator (di rilis pada tahun 1984), Terminator 2: Judgment Day (di rilis pada tahun 1991), Terminator 3: Rise of The Machines (di rilis pada tahun 2003), Serial TV Terminator: The Sarah Connor Chronicles (di rilis pada tahun 2008–2009), Terminator Salvation (di rilis pada tahun 2009), Terminator Genisys (di rilis pada tahun 2015), dan yang paling baru Terminator: Dark Fate (di rilis pada tahun 2019).

Tokoh terminator sendiri digambarkan sebagai cybernetic organism alias cyborg adalah istilah yang digunakan untuk menyebut makhluk hidup yang sebagian atau seluruh tubuhnya digabungkan dengan sebuah mesin atau robot.

Dalam film terminator digambarkan bahwa penggunaan teknologi kecerdasan buatan dapat di aplikasikan pada sebuah robot yang memiliki kemampuan layaknya manusia normal pada umumnya.

Robot yang di program menggunakan teknologi kecerdasan buatan, mampu menganalisa atau mempelajari lingkungan sekitar dan mampu menirukannya tanpa control atau tindakan oleh manusia. Dalam film terminator penggabungan robot antar manusia sudah bukan menjadi hal yang mustahil lagi.

Kesimpulan

Teknologi kecerdasan buatan dapat melakukan otomatisasi pada sebuah mesin sehingga tanpa perlu menerima perintah dari user, sehingga mesin dapat melakukan kerjanya sendiri.

Namun demikian, untuk dapat menerapkan teknologi kecerdasan buatan pada mesin butuh riset yang mendalam, serta akan membutuhkan banyak waktu serta dana yang cukup untuk dapat mengembangkannya.

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.

3 × two =